KI

KUNJUNGAN DI PT. MICROSOFT INDONESIA

EDUCATION FRAMEWORK

Dalam keikutsertaan Microsoft dalam mendukung dunia pendidikan maka Microsoft berpatisipasi untuk mempermudah dalam dunia Perkuliahan sebuah kampus dengan menerapkan Program yang akan di luncurkan  oleh Microsoft, Program itu bernama :

PROGRAM MICROSOFT Live@edu

 

Program ini merupakan kombinasi antara layanan email gratis (melalui hotmail), aplikasi office, dan sistem untuk berkolaborasi dengan dokumen Microsoft Office. Semua dokumen akan disimpan dengan aman di server Microsoft. Namun demikian, pengguna akan memiliki kontrol penuh seperti : membuat, menghapus, atau menyimpan alamat email yang ada.

Keuntungan lain dari Live@Edu adalah institusi pendidikan dapat menentukan nama domainnya sendiri. Bisa lebih dari satu.  Layanan ini mendukung co-branding, jadi institusi pendidikan dapat juga memasang logonya sendiri (bersama dengan logo “powered by Windows Live Hotmail”) di layar email client yang digunakan para pengguna.

Program Microsoft Live@edu gratis

Namun jika Universitas menginginkan suatu penerapan Live@edu dalam skala besar dan, Microsoft memberikan pilihan kepada Universitas untuk dapat menginvestasi sistem provisioning yang disebut “Identity Lifecycle Manager”, hal ini hanya merupakan pilihan saja, karena pengaturanpun bisa dilakukan tanpa memerlukan ILM itu.

 

Layanan Live@edu

 

–     Office Live Workspace: Saat ini berbasaha Inggris, tetapi nanti akan ada bahasa-bahasa lain. http://office.microsoft.com/en-us/officelive/FX102412601033.aspx?ofcresset=1

–     Windows Live Messenger: digunakan untuk chatting menggunakan audio dan video, bisa mendukung multiuser, dan sangat bagus untuk belajar, dsb. http://get.live.com/messenger/overview.

–     Windows Live Spaces: Suatu tempat virtual yang bisa digunakan untuk saling berbagi informasi, foto, blog, dan sebagainya. Sangat bagus untuk memperkenalkan mahasiswa ke dunia kerja dengan membuat e-profiles http://get.live.com.

–     Windows Live for Mobile access to IM and e-mail: Fasilitas ini memungkinkan pelajar mengakses emailnya melalui semua jenis telpon yang mendukung web. http://mobile.live.com/GoLive. Layanan ini gratis, tetapi mungkin ada tarif data (3G/GPRS) dari operator telpon

–     Windows Live Expo: Ini tempat jual beli barang untuk setiap orang di dalam kampus dan komunitas. Kita bisa meletakkan iklan secara gratis dan mengatur siapa saja yang bisa melihatnya. Banyak yang bisa ditawarkan di sini , mulai dari pekerjaan, perumahan, atau apapun http://get.live.com

–     Windows Live SkyDrive™: ini storage virtual berukuran 25 GB yang dilindungi password http://skydrive.live.com/

–     Access to Windows Live APIs to build your own custom apps: ini jika mahasiswa tertarik untuk bikin aplikasi sendiri http://dev.live.com/

–     Aplikasi-aplikasi baru yang masih beta : http://get.live.com/betas/home

–     Untuk mempermudah penjadwalan, program Live@Edu juga menyediakan manajemen kontak dan kalender (seperti iCal).

 

•      Kompatibilitas

Layanan ini bersifat interoperabel dan kompatibel terhadap semua jenis client. Misalnya mahasiswa dapat menggunakan Apple Mac atau Linux dengan browser Safari atau Firefox.

 

•      Berlaku Selamanya

Satu keuntungan luar biasa dari layanan Windows Live ini adalah layanan tetap hidup dan bisa diakses setelah mahasiswa lulus. Syaratnya kita tetap melakukan akses (log in) minimal sekali dalam 3 bulan. Namun jika lebih dari 3 bulan tidak pernah diakses, maka seluruh data akan dihapus, tapi user ID untuk email tetap hidup.

 

•      Save Cost

Dengan Live@edu, Universitas dapat menghemat cost belanja IT, yaitu pembelian hard disk memory untuk storage email. Cost belanja IT tersebut dapat dialokasikan untuk pembelanjaan infrastruktur IT yang kiranya akan lebih bermanfaat bagi Universitas, misal : penambahan bandwidth internet Universitas.

 

Fasilitas

Semua fasilitas yang didapat adalah fasilitas live.com atau hotmail.com, http://www.livecampus.net/

Antara lain :

  1. Windows Live Hotmail

Ø  10 GB to unlimited email storage & 10 MB attachements per email

Ø  Spam and virus filtering

Ø  Tampilan depan email seperti pada Microsoft Outlook

Ø  Fasilitas Forwarding, POP3 and Outlook Connector pada HP atau desktop

Ø  Shared Calendar

  1. Office Live Workspace

Microsoft Office Live Workspace beta adalah fasilitas dimana mahasiswa/user dapat mempunyai suatu wadah online untuk menyimpan, mengakses dan berbagi dokumen dan file-file, tanpa harus melakukan proses download

Ø  Online storage untuk 1,000+ dokumen dengan sistem password protected, sehingga dijamin keamanannya

Ø  Merupakan perpanjangan dari Microsoft Office

Ø  Sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan flash drives atau mengirim dokumen sebagai email attachment

Ø   Dapat berkolaborasi dengan orang – orang lain walaupun mereka tidak mempunyai Microsoft Office

 

  1. Windows Live Skydrive

Mahasiswa/user dapat menaruh/menyimpan dokumen mereka secara online, sehingga mereka dapat mengakses dokumen tersebut dari computer manapun dan membaginya dengan orang lain

Ø          25 GB online storage dengan sistem password protected, sehingga dijamin keamanannya

Ø          Dapat membuat folder-folder pribadi, shared, dan public

Ø          Menyimpan dokumen mereka secara online, sehingga mereka dapat mengakses dokumen tersebut dari computer                        manapun dan membaginya dengan orang lain

 

 

  1. Microsoft SharedView beta

Membagi desktop anda dengan sampai dengan  15 pengguna lain.

Untuk memberikan presentasi/tutorial

Membagi kontrol dengan sesama mahasiswa untuk bersama-sama memperbaiki dokumen dalam waktu yang sama

 

  1. Windows Live Spaces

Mahasiswa dapat membuat suatu space untuk proyek bersama, unit kegiata mahasiswa atau klub mahasiswa,  atau space

pribadi.

ü  Dapat menghubungkan dengan dokumen-dokumen yang anda simpan di SkyDrive

ü  Membuat blogs

ü  Membuat forum diskusi

 

  1. Windows Live Messenger

Fasilitas Chat yang lebih dari sekedar chat biasa

v  Group chat sampai dengan 15 orang sekaligus

v  Dapat melakukan sharing folders dan share documents yang telalu besar jika dikirim melalui email

v  Mengirim SMS dari Messenger ini

 

  1. Windows Live Alerts

Mahasiswa dapat menerima SMS aba-aba di HP mereka

  • Aba-aba melalui HP, email atau IM – Mahasiswa dapat memilih
  • Aba-aba pengumuman kampus
  • Aba-aba informasi seputar kegiatan kampus
  • Aba-aba yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan komunitas tertentu kepada anggota komunitasnya

8.         Mobile

Live@edu services dapat di akses melalui HP.

§  Windows Live Spaces, Hotmail, Messenger dapat diakses dengan WAP

§  Menerima email melalui HP dengan POP3

§  Windows Live untuk HP membolehkan push e-mail di Nokia dan Windows Mobile phones

 

 

KUNJUNGAN DI METRO TV

MetroTV adalah sebuah stasiun televisi swasta Indonesia. Stasiun ini resmi mengudara sejak 25 November 2000 di Jakarta.

PT Media Televisi Indonesia merupakan anak perusahaan dari Media Group, suatu kelompok usaha media yang dipimpin oleh Surya Paloh, yang juga merupakan pemilik surat kabar Media Indonesia. PT Media Televisi Indonesia memperoleh izin penyiaran atas nama “MetroTV” pada tanggal 25 Oktober 1999. Pada tanggal 25 November 2000, MetroTV mengudara untuk pertama kalinya dalam bentuk siaran uji coba di 7 kota. Pada awalnya hanya bersiaran 12 jam sehari, sejak tanggal 1 April 2001, MetroTV mulai bersiaran selama 24 jam. Dari awalnya memulai operasi dengan 280 orang karyawan, saat ini MetroTV mempekerjakan lebih dari 900 orang, sebagian besar di ruang berita dan daerah produksi.

 

Visi dan misi

Visi

Untuk menjadi stasiun televisi yang berbeda Indonesia dengan peringkat nomor satu untuk berita, menawarkan kualitas dan program hiburan gaya hidup. Memberikan kesempatan iklan unik dan mencapai loyalitas dengan pemirsa dan pengiklan.

Misi

  • Untuk merangsang dan memajukan bangsa dan kemajuan negara terhadap suasana demokratis, untuk unggul dalam persaingan global, dengan penghargaan tinggi moral dan etika.
  • Untuk menambahkan kehadiran berharga bagi industri televisi dengan memberikan perspektif baru, dengan meningkatkan cara informasi disajikan dan dengan menawarkan alternatif hiburan berkualitas.
  • Untuk mencapai tingkat pertumbuhan yang signifikan dengan mengembangkan dan meningkatkan aset, untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan karyawan, dan untuk menghasilkan keuntungan yang signifikan bagi pemegang saham.

 

Logo dan slogan baru

Pada tanggal 20 Mei 2010, MetroTV memperkenalkan logo dan slogan barunya. Logo baru tetap menggunakan lambang burung elang dan warna dasar biru dan kuning, tetapi dengan jenis huruf Sans Serif yang lebih memberikan kesan modern dan futuristik. Penempatan logo juga diubah dari semula di pojok kanan atas menjadi di pojok kanan bawah, berbeda dengan stasiun-stasiun televisi Indonesia lainnya. MetroTV juga mengusung slogan baru dari sebelumnya “Be Smart Be Informed” menjadi “Knowledge to Elevate”.

 

tentang sms gateway :

SMS Gateway adalah suatu platform yang menyediakan mekanisme untuk EUA menghantar dan menerima SMS dari peralatan mobile (HP, PDA phone, dll) melalui SMS Gateway’s shortcode (sbg contoh 9221). Di bawah ini disertakan sedikit ilustrasi mengenai penjelasan di atas.

SMS Gateway membolehkan UEA untuk berkomunikasi dengan Telco SMSC (telkomsel, indosat, dll) atau SMS platform untuk menghantar dan menerima pesan SMS dengan sangat mudah, Karena SMS Gateway akan melakukan semua proses dan koneksi dengan Telco. SMS Gateway juga menyediakan UEA dengan interface yang mudah dan standar.

UEA dapat berupa berbagai aplikasi yang memerlukan penggunaan SMS. Seperti berbagai aplikasi web yang telah banyak menggunakan SMS (free sms, pendaftaran, konfirmasi melalui SMS, aplikasi perkantoran, dsb), CMS, acara pengundian di televisi, dll.

UEA melakukan komunikasi dengan SMS Gateway melalui Internet menggunakan standard HTTP GET atau HTTPS (untuk komunikasi yang aman).

Telco SMSC akan menghantar pesan (SMS) tersebut kepada perusahaan SMS Gateway (sesuai dengan nomor yang telah disewa) dengan menggunakan protokol yang khusus. Dan berdasarkan keyword yang telah dituliskan pada SMS, maka sistem SMS Gateway akan menghantar SMS tersebut ke URL yang telah ditentukan. UEA dapat menghantar SMS reply kepada pelanggan melalui SMS Gateway tersebut. Dan UEA dapat menentukan besarnya biaya (charging) yang akan dikenakan kepada pelanggan. Biasanya telah ditentukan regulasi biayanya (microcharging mechanism), contoh Rp 0 (gratis); Rp 500,- ; Rp 1000,- ; Rp2000,- dst.

Suatu perusahaan SMS Gateway biasanya support untuk pesan yang berupa teks, unicode character, dan juga smart messaging (ringtone, picture message, logo operator,dll).

 

 

 

 

KUNJUNGAN DI PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk BANDUNG

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom Indonesia atau Telkom saja)  adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 50 juta.

Telkom merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (51,19%) dan oleh publik sebesar 48,81%. Sebagian besar kepemilikan saham publik (45,58%) dimiliki oleh investor asing, dan sisanya (3,23%) oleh investor dalam negeri. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 9 anak perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Presiden direktur Telkom saat ini adalah Rinaldi Firmansyah yang menggantikan Arwin Rasyid pada 28 Februari 2007.

 

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Pada tanggal 14 November 1995 dilakukan Penawaran Umum Perdana saham Telkom. Sejak itu saham Telkom tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), Bursa Saham New York (NYSE) dan Bursa Saham London (LSE). Saham Telkom juga diperdagangkan tanpa pencatatan di Bursa Saham Tokyo.

Tahun 1999 ditetapkan Undang-undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Penghapusan Monopoli Penyelenggaraan Telekomunikasi. Memasuki abad ke-21, Pemerintah Indonesia melakukan diregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi memonopoli telekomunikasi Indonesia.

Tahun 2001 Telkom membeli 35% saham Telkomsel dari PT Indosat sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia yang ditandai dengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara Telkom dan Indosat. Sejak bulan Agustus 2002 terjadi duopoli penyelenggaraan telekomunikasi lokal.

Pada 23 Oktober 2009, Telkom meluncurkan “New Telkom” (“Telkom baru”) yang ditandai dengan penggantian identitas perusahaan.

 

Layanan

 

Telkom menyediakan jasa telepon tetap kabel (fixed wireline), jasa telepon tetap nirkabel (fixed wireless), jasa telepon bergerak (mobile service), data/internet serta jasa multimedia lainnya.

Berikut adalah beberapa layanan telekomunikasi Telkom:

Telepon

  • Telepon tetap (PSTN), layanan telepon tetap yang pernah menjadi monopoli Telkom di Indonesia
  • TelkomFlexi, layanan telepon fixed wireless CDMA

 

Data/Internet

  • TelkomNet Instan, layanan akses internet dial up
  • TelkomNet Astinet, layanan akses internet berlangganan dengan fokus perusahaan
  • Speedy, layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broad band) menggunakan teknologi ADSL
  • e-Business (i-deal, i-manage, i-Settle, i-Xchange, TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb Plazatron)
  • Solusi Enterprise – INFONET
  • TELKOMLink DINAccess
  • TELKOMLink VPN IP, layanan komunikasi data any to any connection berbasis IP MPLS.
  • TELKOMNet Whole Sale (VPN Dial), Layanan akses dial up ke intranet suatu perusahaan yang dilakukan secara remote dan mobile melalui jaringan data berbasis TCP IP (MPLS/tunneling) pada TELKOMNet.
  • TELKOM ISDN, jaringan digital yang menyediakan layanan telekomunikasi multimedia, merupakan pengembangan dari sistem telepon yang telah terintegrasi.

 

Satelit

 

Speedy adalah layanan akses internet end-to-end berkecepatan tinggi dari PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (PT. TELKOM), berbasis teknologi akses Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang memungkinkan terjadinya komunikasi data dan suara secara bersamaan (simultan) melalui satu saluran telepon biasa (pada media jaringan akses kabel tembaga).

Tidak seperti layanan akses internet dial-up (seperti TelkomNet Instan), dengan mempergunakan Speedy, saluran telepon tetap dapat dipergunakan untuk menelepon bersamaan dengan akses internet. Untuk dapat menikmati fasilitas saluran telepon dan internet secara simultan, pelanggan Speedy harus mempergunakan splitter yang dapat memisahkan saluran telepon dan saluran modem. Splitter ini biasanya sudah tersedia dalam paket penjualan modem ADSL.

 

Kecepatan Unduh dan Unggah

Speedy memberikan koneksi ke internet yang lebih cepat dibanding menggunakan layanan dial-up biasa. Koneksi Speedy memiliki kecepatan mengunduh (downstream) hingga maksimal 3 Mbps dan kecepatan mengunggah (upstream) mencapai maksimal 128 Kbps. Layanan dial-up hanya memberikan kecepatan maksimal 56 Kbps.

Sebagai ilustrasi, untuk mengunduh file sebesar 10MB, Sahabat Speedy akan memerlukan waktu kurang dari 4 menit dengan mempergunakan Speedy (ADSL), dan akan memerlukan waktu sekitar 25 menit dengan dial-up (waktu di sini adalah estimasi, dengan asumsi bahwa kecepatan maksimal masing-masing layanan tercapai).

 

Modem

Untuk dapat mengakses Speedy, Sahabat Speedy tidak dapat mempergunakan modem analog biasa, melainkan harus mempergunakan modem ADSL

Modem dapat dihubungkan ke komputer/laptop melalui fasilitas konektor:

  1. Ethernet LAN (umumnya memiliki 1 port hingga 4 port)[2]
  2. Wireless LAN
  3. USB

Paket-paket Modem yang ada memungkinkan menggabungkan dua atau tiga fasilitas di atas, ataupun hanya memiliki satu saja. Modem ADSL pada umumnya juga sudah menyediakan fasilitas-fasilitas builtin router, pengaturan modem melalui web browser, dan fitur keamanan seperti firewall.

 

 

Koneksi

Koneksi ke internet dapat dilakukan setiap saat (on-line) di mana setiap hubungan sifatnya dedicated connection. Koneksi memiliki sifat highly reliability dan highly secure. Tidak seperti modem kabel, ADSL memberikan dedicated line ke Internet.

Dikarenakan teknologinya, tidak semua jaringan telepon dapat dipergunakan untuk layanan Speedy. Untuk dapat melakukan koneksi ADSL, diperlukan kualitas jaringan telepon yang cukup baik serta alat Digital Subscriber Line Access Multiplexer di STO Telkom terdekat yang melayani jaringan telepon yang ingin dikoneksikan dengan Speedy. Bila jaringan tersebut belum cukup memadai.

Untuk melakukan koneksi internet, modem ADSL melakukan 2 tahap koneksi:

  1. Koneksi ADSL dari modem ke DSLAM di STO terdekat
  2. Koneksi Internet melalui BRAS (Broadband Remote Access Server), dengan terlebih dahulu melalui proses otentikasi di RADIUS (Remote Authentication Dial In User Server) untuk memverifikasi username dan password pelanggan

Biasanya pada modem ADSL, kedua tahap koneksi tersebut dapat terlihat dari lampu led yang berlabelkan “ADSL” dan “Internet”.

Keamanan

 

Karena kecepatannya, Speedy seringkali merupakan “jembatan yang tidak aman” bagi komputer dan menyebabkannya rentan terhadap serangan-serangan maya. Untuk itu, Sahabat Speedy dan koneksi internet pada umumnya, seharusnya menginstal firewall dan anti virus yang mampu untuk meminimalisasi serangan-serangan maya dari perengah (cracker) maupun worm, trojan horse, dan virus.

 

Catatan

  1. ^ Kbps adalah singkatan dari “kilobit per second” (“kilobit per detik”), yang berbeda dari KBps (“kilobyte per second/kilobita per detik”), di mana 1 bita = 8 bit.
  2. ^ Bila lebih dari 1 port, artinya dapat mengkoneksikan sekaligus beberapa komputer hingga sejumlah port yang tersedia.
  3. ^ STO adalah singkatan dari Sentra Telepon Otomatis.

Tentang wi-max :

WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul.

 

Perkembangan Teknologi Wireless

Wi Max Standar BWA yang saat ini umum diterima dan secara luas digunakan adalah standar yang dikeluarkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineering (IEEE), seperti standar 802.15 untuk Personal Area Network (PAN), 802.11 untuk jaringan Wireless Fidelity (WiFi), dan 802.16 untuk jaringan Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX).

Pada jaringan selular juga telah dikembangkan teknologi yang dapat mengalirkan data yang overlay dengan jaringan suara seperti GPRS, EDGE, WCDMA, dan HSDPA. Masing-masing evolusi pada umumnya mengarah pada kemampuan menyediakan berbagai layanan baru atau mengarah pada layanan yang mampu menyalurkan voice, video dan data secara bersamaan (triple play). Sehingga strategi pengembangan layanan broadband wireless dibedakan menjadi Mobile Network Operator (MNO) dan Broadband Provider (BP). Perbandingan beberapa karakteristik sistem wireless data berkecepatan tinggi digambarkan oleh First Boston seperti berikut.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s